Pages

Senin, 27 April 2015

RUMUS DAN TIPS PRAKTIS “GENRE”

RUMUS DAN TIPS PRAKTIS “GENRE”

BERBAGAI MACAM JENIS TEKS SECARA LENGKAP

Dalam kurikulum KTSP 2006 mata pelajaran Bahasa Inggris untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tercantum ada 5 macam genre (jenis teks) yang harus dikuasai oleh siswa. Diantaranya adalah: Descriptive, Procedure, Recount, Narrative, dan Report
Berikut ini saya berikan Rumus Praktisnya buat kamu agar lebih memahami Tujuan, Struktur dan Ciri-ciri Kebahasaan dari masing-masing teks tersebut.

RUMUS DAN TIPS PRAKTIS “GENRE” (TEXT TYPES) BERBAGAI MACAM JENIS TEKS SECARA LENGKAP

Genre
(Jenis teks)
Social Purpose
(Tujuan Komunikatif)
Generic Structure
(Kerangka Umum)
Grammatical Features
(Ciri Kebahasaan)
DESCRIPTIVE

Ø To describe  a particular person, place, or thing.

(Menggambarkan seseorang, tempat atau barang tertentu)


Ø Identification:
(Pengenalan subyek, tempat atau benda khusus/ tertentu)
Ø Description:
(Gambaran ciri-ciri khusus subjek meliputi: sifat kualitas, keadaan, dll)

Ø Memiliki subjek kata benda khusus/ tertentu. contoh: my car, my lovely rabbit, my favorite teacher, dll. Tidak boleh: car, rabbit, dll yang masih bersifat umum.
Ø Menggunakan Simple Present Tense
Ø Melukiskan seuatu secara rinci/ detail

PROCEDURE

Ø To describe/ to tell how something is accomplished through a sequence of action or steps.

(menunjukkan bagaimana cara melakukan sesuatu melalui serangkaian tindakan)


Ø Goal:
(Tujuan; berisi tentang apa yang akan dilakukan/ dibuat)
Ø Materials:
(Bahan-2; tidak bersifat wajib/ dapat dihilangkan dalam unsur teks)
Ø Steps:
(Langkah-2 yang harus dikerjakan sehingga tujuan tercapai)

Ø Menggunakan Imperatives (kalimat perintah); contoh: put into, don’t mix, wait until, dll.
Ø Menggunakan action verbs; contoh: add, take, turn, dll
Ø Menggunakan connectives (kata ppenghubung); contoh: first, then, next, after that, while, dll.

RECOUNT

Ø To tell/ to retell past events for the purpose of informing or entertaining

(Menceritakan kembali pengalaman, kegiatan, sejarah, atau biografi seseorang, dll)

Ø Orientation:
(Pengenalan: who, when, where, dll)
Ø Events:
(Rekaman peristiwa secara kronologis)
Ø Re-orientation:
(Penutup cerita, pengenalan ulang, rangkuman dari rentetan peristiwa)

Ø Memiliki pelaku tertentu/ specific participant
Ø Memakai action verbs dan past tense (verb-2, was/were)
Ø Memakai time connectives: then, before, after that, when, dll
Ø Disusun secara kronologis/ sesuai dengan urutan kejadian

NARRATIVE

Ø To entertain/ to amuse the reader and to deal with actual or vicarous experience in different ways.

(Menghibur dan memberi amanat bagi para pembaca dengan sebuah cerita)

Jenisnya: fabel, legenda, dongeng, mitos, novel, dll.

Ø Orientation:
(Pengenalan: who, when, where, dll)
Ø Evaluation:
(Bersifat tidak wajib/ bisa dihilangkan)
Ø Complication:
(Permasalahan yang muncul)
Ø Resolution:
(Penyelesaian dari permasalahan yang dialami tokoh)

Ø Memiliki tokoh/ pelaku tertentu, bisa nama orang/ kelompok,  contoh: Cinderella, Seven Dwarfs, Princess, dll
Ø Memakai action verbs dan past tense (verb-2, was/were)
Ø Memakai temporal conjunction: once upon a time, then,  when, dll

REPORT

Ø To describe the way things are (in general)

(Menyampaikan laporan tentang sesuatu yang bersifat umum [gejala alam, lingkungan, benda buatan manusia, gejala sosial] secara apa adanya)


Ø General Calssification
(Pengenalan subjek/ benda yang bersifat umum apa adanya)
Ø Description
(Gambaran ciri-ciri umum subjek/ benda yang meliputi sifat, kualitas, keadaan, kegunaan, dll

Ø Menggambarkan kata benda yang bersifat umum; contoh: komodo, car, earthquake, dll
Ø Menggunakan simple present tense
Ø Menggunakan Action verb untuk menunjukkan perilaku umum; contoh: most birds can fly, female lizads lays eggs, dll



Nah, demikian tadi rumus praktis yang saya berikan. semoga bermanfaat buat kamu yang sedang mempelajari berbagai macam genre dalam Bahasa Inggris tingkat SMP. Untuk Tips Praktis Genre tingkat SMA akan saya buat pada posting yang akan datang.

0 komentar:

Posting Komentar