RUMUS DAN TIPS PRAKTIS “GENRE”
BERBAGAI MACAM JENIS TEKS SECARA LENGKAP
Dalam kurikulum KTSP 2006 mata pelajaran Bahasa Inggris untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) tercantum ada 5 macam genre (jenis teks) yang harus dikuasai oleh siswa. Diantaranya adalah: Descriptive, Procedure, Recount, Narrative, dan Report.
Berikut ini saya berikan Rumus Praktisnya buat kamu agar lebih memahami Tujuan, Struktur dan Ciri-ciri Kebahasaan dari masing-masing teks tersebut.
RUMUS DAN TIPS PRAKTIS “GENRE” (TEXT TYPES) BERBAGAI MACAM JENIS TEKS SECARA LENGKAP
Genre
(Jenis teks)
|
Social
Purpose
(Tujuan
Komunikatif)
|
Generic
Structure
(Kerangka
Umum)
|
Grammatical
Features
(Ciri
Kebahasaan)
|
DESCRIPTIVE
|
Ø To describe a particular
person, place, or thing.
(Menggambarkan seseorang,
tempat atau barang tertentu)
|
Ø Identification:
(Pengenalan
subyek, tempat atau benda khusus/ tertentu)
Ø Description:
(Gambaran
ciri-ciri khusus subjek meliputi: sifat kualitas, keadaan, dll)
|
Ø Memiliki
subjek kata benda khusus/ tertentu. contoh: my car, my lovely rabbit, my
favorite teacher, dll. Tidak boleh: car, rabbit, dll yang masih bersifat
umum.
Ø Menggunakan
Simple Present Tense
Ø Melukiskan
seuatu secara rinci/ detail
|
PROCEDURE
|
Ø To describe/ to tell how something is accomplished through a sequence
of action or steps.
(menunjukkan bagaimana cara
melakukan sesuatu melalui serangkaian tindakan)
|
Ø Goal:
(Tujuan; berisi tentang apa
yang akan dilakukan/ dibuat)
Ø Materials:
(Bahan-2;
tidak bersifat wajib/ dapat dihilangkan dalam unsur teks)
Ø Steps:
(Langkah-2
yang harus dikerjakan sehingga tujuan tercapai)
|
Ø Menggunakan
Imperatives (kalimat perintah);
contoh: put into, don’t mix, wait until, dll.
Ø Menggunakan
action verbs; contoh: add, take,
turn, dll
Ø Menggunakan
connectives (kata ppenghubung); contoh: first, then, next, after that, while,
dll.
|
RECOUNT
|
Ø To tell/ to retell past events
for the purpose of informing or entertaining
(Menceritakan kembali
pengalaman, kegiatan, sejarah, atau biografi seseorang, dll)
|
Ø Orientation:
(Pengenalan:
who, when, where, dll)
Ø Events:
(Rekaman
peristiwa secara kronologis)
Ø Re-orientation:
(Penutup
cerita, pengenalan ulang, rangkuman dari rentetan peristiwa)
|
Ø Memiliki
pelaku tertentu/ specific participant
Ø Memakai
action verbs dan past tense (verb-2, was/were)
Ø Memakai
time connectives: then, before,
after that, when, dll
Ø Disusun
secara kronologis/ sesuai dengan urutan kejadian
|
NARRATIVE
|
Ø To entertain/ to amuse
the reader and to deal with actual or
vicarous experience in different ways.
(Menghibur dan memberi amanat
bagi para pembaca dengan sebuah cerita)
Jenisnya: fabel, legenda,
dongeng, mitos, novel, dll.
|
Ø Orientation:
(Pengenalan:
who, when, where, dll)
Ø Evaluation:
(Bersifat
tidak wajib/ bisa dihilangkan)
Ø Complication:
(Permasalahan
yang muncul)
Ø Resolution:
(Penyelesaian dari permasalahan yang dialami
tokoh)
|
Ø Memiliki
tokoh/ pelaku tertentu, bisa nama
orang/ kelompok, contoh: Cinderella,
Seven Dwarfs, Princess, dll
Ø Memakai
action verbs dan past tense (verb-2, was/were)
Ø Memakai
temporal conjunction: once upon a
time, then, when, dll
|
REPORT
|
Ø To describe the way things are (in
general)
(Menyampaikan laporan tentang
sesuatu yang bersifat umum [gejala alam, lingkungan, benda buatan manusia,
gejala sosial] secara apa adanya)
|
Ø General Calssification
(Pengenalan
subjek/ benda yang bersifat umum apa adanya)
Ø Description
(Gambaran
ciri-ciri umum subjek/ benda yang meliputi sifat, kualitas, keadaan,
kegunaan, dll
|
Ø Menggambarkan
kata benda yang bersifat umum;
contoh: komodo, car, earthquake, dll
Ø Menggunakan
simple present tense
Ø Menggunakan
Action verb untuk menunjukkan
perilaku umum; contoh: most birds can fly, female lizads lays eggs, dll
|
Nah, demikian tadi rumus praktis yang saya berikan. semoga bermanfaat buat kamu yang sedang mempelajari berbagai macam genre dalam Bahasa Inggris tingkat SMP. Untuk Tips Praktis Genre tingkat SMA akan saya buat pada posting yang akan datang.
0 komentar:
Posting Komentar